Biji Tasbih Itu Terus Berputar

Gambar : Maulana Syaikh TGKH. Muhammad ZAM di tengah-tengah murid Beliau

Oleh: Hurna Wijaya, QH.,M.Sy

Cerita ini berasal dari Raden TGB. KH. L. G. Muhammad Zainuddin Ats-Tsani. Beliau adalah cucu kesayangan al-Magfurulah Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid al-Anfanany. Kecintaan Maulana Syaikh kepadanya sangat terlihat dari nama Zainuddin Ats-Tsani yang berarti “Zainuddin Kedua” diwariskan langsung kepadanya. Bahkan sejak masih kanak-kanak Maulana Syaikh telah memanggilnya dengan Tuan Guru Bajang.

Pada masa kanak-kanak, RTGB. KH. L. G. Muhammad Zainuddin Ats-Tsani seringkali diperintahkan oleh Maulana Syaikh untuk memijit kaki beliau. TGB tidak pernah meninggalkan kamar tidur Maulana Syaikh kecuali beliau sendiri yang mengatakan telah cukup. Seringkali ia tertidur di bawah kaki Maulana Syaikh sampai fajar menjelang. Satu hal yang selalu membuat TGB takjub adalah meskipun telah tertidur pulas, biji tasbih di tangan beliau senantiasa berputar. Hal itu berarti meski tertidur Maulana Syaikh tetap berdzikir. Sebab hati beliau tidaklah tertidur meski mata beliau terpejam. Cerita ini disampaikan oleh RTGB dalam Irsyadat Wattawjihad Shilaturrahmi Pegawai YPPP SZ NW Anjani di Wisma Dewi Anjani (02/04/15).

Cerita lainnya diceritakan oleh beberapa orang Mutakharrijin Ma’had DQH NW. Salah satunya adalah kesaksian thullab Ma’had generasi awal yang mendapat pengajaran langsung dari beliau seperti TGH. L. Anas Hasyri, QH., TGH. Mahmud Yasin, QH (Alm.) dan TGH. Hilmi Najamuddin, QH dalam pengajian-pengajian selama penulis menimba ilmu di MDQH NW Anjani, bahwa Maulana Syaikh senantiasa berdzikir dalam keadaan apapun. Hal ini terlihat dari keseharian beliau yang tidak pernah melepaskan biji tasbih beliau kecuali dalam keadaan tertentu yang tidak memungkinkan untuk itu. Bahkan ketika beliau menjelaskan pelajaran di Ma’had atau dipengajian manapun biji tasbih yang beliau pegang akan senantiasa berputar yang berarti beliau tetap berdzikir dengan hati (dzikir sirr) meski lisan beliau sedang berbicara. Wallahu a’lamu bis shawab

Sumber : NW ONLINE

Leave a comment